Persepsi Sehat Sakit Pasien Perawatan Saluran Akar Terhadap Tuntasnya Kunjungan Perawatan di Puskesmas Oro Oro Ombo Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.36568/sdtj.v1i1.4Abstract
Pendahuluan: Perawatan saluran akar dilakukan untuk mempertahankan gigi agar tidak dilakukan pencabutan. Perawatan saluran akar dilakukan dengan beberapa kali kunjungan hingga dilakukan tumpatan tetap. Perawatan saluran akar di puskesmas Oro-Oro Ombo tahun 2015 berjumlah 662 pasien yang telah diberikan tumpatan sementara dan 276 pasien yang telah dilakukan tumpatan tetap. Sebanyak 386 pasien yang belum menuntaskan perawatan hingga dilakukan tumpatan tetap. Tujuan: mengetahui adanya hubungan persepsi sehat sakit pasien poli gigi yang melakukan perawatan saluran akar terhadap tuntasnya perawatan pada Puskesmas Oro Oro Ombo Kota Madiun. Metode: Penelitian ini merupakan penelittian analitik cross sectional dan pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuesioner dan observasi dari responden. Sampel penelitian ini dilakukan pada pasien perawatan saluran akar yang memenuhi syarat inklusi berjumlah 30 orang. Hasil: Persepsi sehat sakit pasien perawatan saluran akar termasuk dalam kategori baik (60%), akan tetapi kunjungan perawatan saluran akar termasuk dalam kategori tidak selesai (77%). Perawatan harus dilakukan secara berurutan hingga selesai. Kesimpulan: Persepsi sehat sakit responden dalam kategori baik tetapi banyak pasien yang tidak menyelesaikan perawatan saluran akar.
Kata Kunci : Perawatan Saluran Akar; Persepsi Sehat Sakit, Kunjungan Perawatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SURABAYA DENTAL THERAPIST JOURNAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.